Selasa, 05 Mei 2009

Landak Terdapat Endemik Anggrek


*Native Orchids Of Mandor Siap Layani Pesanan

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan biodiversity. Bahkan Indonesia sempat dijuluki sebagai negara Mega-Diversity. Salah satunya adalah dari jenis anggrek. Di Kabupaten Landak juga terdapat anggrek endemik diantaranya jenis Phacaenopsis cerman atau Alphino, Phalaenopis Cornucervima Fma, Dendribium Singkawangence, Dimorphorsis (vanda Kalimantan), Gramathophyllum Speciosum (anggrek macan atau tebu). “Khusus Phacaenopsis cerman atau Alphino dan Phalaenopis Cornucervima Fma merupakan anggrek langka, habitat aslinya memang sudah mulai jarang ditemui,” ujar Suranto, S.PKp salah satu pemerhati anggrek di Kecamatan Mandor Kabupaten Landak ditemui di kediamannya, belum lama ini.
Ranto begitu ia disapa, selama dua tahun ini menekuni menjadi penangkaran tanaman hias dengan memberi nama Native Orchids Of Mandor Landak, yang terletak di Desa Kayu Ara Kecamatan Mandor. Ia mulai mengembangkan tanaman anggrek, karena melihat saat ini kenyataan semakin terancamnya anggrek, padahal di Kabupaten Landak ini terdapat endemik anggrek yang harganya bisa menembus pasa global atau internasional. “Jadi bukan gari penggemar anggrek dari dalam negeri saja yang memburu di Landak, tapi dari luar negeri seperti Malaysia juga mencari sampai di Landak ini, karena mereka melihat ada endemik di sini,” kata Ranto.
Ia mengatakan, tanaman hias anggrek bisa menjadi potensi besar khususnya untuk pendapatan daerah, tapi harus diperhatikan pelestariannya, karena sekarang mencari anggrek sangat langkah. Bahkan jika dihutan ada warga yang seandainya melihat anggrek mungkin tidak dihiraukan, karena tak paham bisa saja malah dibuang. Padahal, anggrek bisa mendatangkan pendapatan besar karena harga sangat mahal, pastinya tergantung dari jenis anggrek yang ada.
“Jadi, bisa saja Pemkab melalui instansi terkaitnya bisa mengekspos secara luas dengan keberadaan endemik anggrek di Landak ini,” tukas Suranto seraya menambahkan kepada masyarakat yang ingin memesan tanaman anggrek bisa langsung menghungi Native Orchids Of Mandor Landak dengan nomor contac person: Suranto HP.081345039442 (rie)

Tidak ada komentar: