Minggu, 20 Desember 2009

Bupati Resmikan Jalan Poros Dusun Baet



SEKILAP. Bupati Landak Dr Adrianus AS meresmikan pembangunan jalan poros Dusun Baet Desa Sekilap Kecamatan Mandor, Jumat (18/12). Ia juga menyempatkan diri untuk berkunjung di kebun sawit milik PT.Mustikha Abadi Khatulistiwa (MAK) yang memang berlokasi di daerah setempat.
“Masyarakat harus bersyukur karena pemerintah telah membangun jalan dan perkebunan sawit di desa ini. Masyarakat harus mampu mempertahankan dan merawat pembangunan yang ada ini,” pesan Adrianus.
Biasanya, lanjut Adrianus, pemerintah sudah membangun tapi masyarakat tidak mampu merawatnya, dia mencontohkan jalan desa yang dibangun oleh pemerintah itu ada ketentuanya, kekuatan jalan maksimal mobil yang lewat harus standar tapi di lalui oleh mobil yang berlebihan muatan. “Tentu jalan ini akan cepat rusak, ujarnya.
Ia juga mengatakan, adanya perkebunan sawit juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat, masyarakat bisa bekerja di perkebunan sesuai dengan ketentuan yang ada. Masalah batas wilayah perusahaan sudah jelas masing-masing sudah ada petanya. “Jadi jangan mengerjakan lahan perusahaan lain,” tegas dia.
Kepala Desa Sekilap Sukaran mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Landak, karena sudah membangun jalan 14 kilometer dari Sekilap ke Dusun Baet dan PT. MAK. Perkebunan sawit itu sangat didukung oleh masyarakat setempat, ini dibuktikan banyak warga dusun Baet yang dulunya bekerja dan pindah di luar, tapi sekarang banyak yang kembali atau pulang dan bekerja di PT.MAK. penduduk Baet jadi bertambah ramai. “Kami juga berharap agar nanti di dusun Baet di bangun sekolah dasar karena banyak anak selama ini pergi sekolah berjalan kaki hampir 12 kilometer ke dusun Penawar. Kami masyarakat sudah menyiapkan lahan untuk bangunan sekolah,” ungkap Sukaran.
Camat Mandor Marius Baneng juga mengucapkan sangat bersyukur dan merasakan pembangunan yang ada, Baik pembangunan jalan maupun pembangunan gedung sekolah dan pembangunan kebun sawit yang ada di wilayah kami. “Masyarakat sangat mendukung dan bersyukur adanya pembangunan di desa dan perkebunan sawit yang ada. Kita berharap masyarakat, perusahaan dan pemerintah sama-sama mempertahankan pembangunan yang sudah ada,” tandas dia (rie)

Tidak ada komentar: